Demokrasi Pendidikan

Arti penting dari demokrasi pendidikan adalah gagasan atas pandangan hidup yang mengutamakan hak dan kewajiban sert aperlakuan yang sama bagi semua warga negara dalam berlangsungnya proses pendidikan.

Arti Demokrasi

  • Demokrasi mencakup dua arti, yakni secara horizontal maupun vertikal.
  • Demokrasi secara horizontal tercermin dalam UUD 1945 pasal 31 ayat (1) yaitu: "Tiap=tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran".
  • Demokrasi secara vertikal menjelaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapat kesempatan menempuh pendidikan setinggi-tingginya.
Point Penting dalam Praktek Demokrasi Pendidikan
  • Rasa hormat terhadap harkat dan martabat sesama manusia.
  • Setiap manusia memiliki perubahan kearah pikiran yang sehat.
  • Rela berbakti untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.
Pelaksanaan Demokrasi Pendidikan di Indonesia
#Pasal 31 UUD 1945
  • Ayat (1) : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran
  • Ayat (2) : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.
#UU nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional
  • Pasal 5 : Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.
  • Pasal 6 : Setiap warga negara berhak atas kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sekurang-kurangnya setara dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan tamatan pendidikan dasar.
  • Pasal 7 : Penerimaan seseorang sebagai peserta didik dalam suatu satuan pendidikan diselenggarakan dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi, dan dengan tetap mengindahkan kekhususan satuan pendidikan yang bersangkutan.
  • Pasal 8 : (1) Warga negara yang memiliki kelainan fisik dan atau mental berhak memperoleh pendidikan luar biasa. (2) Warga negara yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa berhak memperoleh perhatian khusus. (3) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) dan (2) ditetapkan dengan peraturan pemerintah.
Contoh Kasus
Rendahnya pemerataan pendidikan di seluruh daerah Indonesia khususnya daerah perbatasan Indonesia.

Kesimpulan
Demokrasi pendidikan merupakan pandangan hidup yang mengutarakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama di dalam berlangsungnya proses pendidikan antara pendidik dan anak didik, serta juga dengan pengelolahan pendidikan tanpa memandang suku, kebangsaan, agama maupun ras. Juga tidak membedakan antara di kaya dan si miskin, karena setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Referensi
http://kecoaxus.tripod/pendidikan/pen1.html
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXkKglmH-f9gGJtvRPiOBuNkldu0QAmGhDiyAJG81kV-8qoBfVZoCz7LCI35D9TTdvxHAzppYAaHpavP-ZVpxbrDCLzzLWXfYG18lDLhlIWqdCOmNnDV8OU_LF02b_7sg14ZlvG2Ny01E/s1600/Demokrasi+Pancasila.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMIKIRAN KUHN DAN PLURALISME PARADIGMA

EVOLUSI, DIFUSI, ASIMILASI & AKULTURASI

Review Film 10,000 BC